Pelatihan Perhitungan Unit Cost Berbasis Aktivitas dan Clinical Pathway 2016

Informasi Perhitungan Unit Cost Berbasis Aktiviras dan Clinical Pathway - Unit cost, tarif dan mutu pelayanan rumah sakit merupakan poin penting (isu hangat yang menjadi kepentingan dari berbagai shareholder rumah sakit sperti owner, pelaksana dan masyarakat pada umumnya. 

Biaya pelayanan kesehatan yang sangat tinggi dan selalu meningkat berdampak pada tarif yang diberlakukan di rumah sakit. Tarif yang kompetitif dan bersaing serta tuntutan akan mutu pelayanan yang baik menjadi dilemma tersendiri bagi rumah sakit sehingga perlu menyusun strategi atau terobosan yang sifatnya win-win solution. 

Pada satu sisi rumah sakit diharapkan bisa memberikan pelayanan yang bermutu kepada pasien namun disisi lain rumah sakit juga dituntut untuk efisien sehingga biaya kesehatan harus dikelola dengan baik.

Alat untuk mencapai strategi tersebut adalah analisis biaya pelayanan rumah sakit atau yang lebih dikenal dengan penghitungan unit cost.

Pentingnya unit cost sebagai dasar tarif, penyususnan anggaran dan efisiensi ini juga disikapi oleh pemerintah dengan berbagai regulasi yang dikeluarkannya, melalui PP No.23/2005 yang dikeluarkan oleh departemen keuangan tentang BLU. Permendagri no.61/2007 tentang BLUD, undang-undang rumah sakit no.44/2009 pedoman akuntansi untuk rumah sakit pemerintah oleh kemenkes, pedoman akuntansi untuk rumah sakit swasta oleh persi dan berbagai peraturan pendukung lainnya.

Unit cost  akan menggambarkan rumah sakit sebagai organisasi yang good governance dan menjadi rumah sakit yang akuntabel dan auditable sehingga mampu memberikan pertanggungjawaban secara memuaskan kepada berbagai stakeholder maupun masyarakat sekaligus menjawab tantangan persaingan yang menuntut rumah sakit untuk menerapkan konsep-konseo manajemen modern tanpa meninggalkan mutu dan fungsi social yang diembannya.

Dalam Perhitungan Unit Cost Berbasis Aktiviras dan Clinical Pathway  ini akan dikupas secara detail tentang teknik penghitungan unit cost per pelayanan di rumah sakit dan pemanfaatanya untuk mendukung berbagai keputusan strategi rumah sakit yaitu tarif, anggaran, efisiensi melalui cost reduction strategi. Kerjasama dengan pihak ke tiga (KSO), negosiasi biaya paket (INA Cbg’s) dan perencanaan bisnis strategi rumah sakit ke depan sehingga akan mendukung tujuan rumah sakit menjadi organisasi.

Pelatihan terbaru 2016 mengenbai Perhitungan Unit Cost Berbasis Aktiviras dan Clinical Pathway akan dilaksanakan pada tanggal 21—22 April 2016 Waktu : 14.00 - 21.00 / 08.00 - 17.00 / 08.00 - 12.00 WIB bertempat di Hotel Millenium Jl. Kebon Sirih - Tanah Abang Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan unit cost terbaru tahun 2016 bisa menghubungi Pinky Miranda (089654065139).